

Ketercapaian kemampuan literasi kimia secara keseluruhan diperoleh dengan menghitung rata-rata persentase siswa yang menjawab soal sesuai dengan interval pada tiap-tiap butir soal.


Interval nilai dihitung berdasarkan kriteria cukup, baik, dan sangat baik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes terhadap sampel yakni 10 siswa dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari 10 butir soal berbasis pendekatan kontekstual indikator kompetensi literasi kimia. Penelitian dilaksanakan di salah satu sekolah swasta daerah Lampung, kelas 11 MIPA. Penelitian menggunakan metode kualititatif deskriptif dengan tujuan penulisan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi kimia siswa pada aspek kompetensi, dengan indikator mengidentifikasi isu ilmiah, menjelaskan fenomena ilmiah, dan menggunakan bukti ilmiah, melalui pendekatan kontekstual. Masalah yang melatarbelakangi penulisan adalah tuntutan pendidikan pada abad ke-21 untuk mengembangangkan life skills siswa khususnya literasi, sehingga guru perlu memberikan latihan yang dapat mendorong siswa menguasai keterampilan literasi kimia. Based on the results of the research, chemical literacy instrument is categorized as valid based on the fit test and unidimensionality test. The next stage is empirical study of validated and revised instrument was tested on a limited basis to thirty students and analyzed using the Winstep application. The score obtained from validation process is a type of multi-rater data which is analyzed by using the Many Facet of Rasch model. Assessment criteria for chemical literacy instrument carried out by experts include aspects of content, constructs, language and graphics consisting of thirteen sub questions. The instrument assessment rubric is grouped into five levels, namely (1) scientific illiteracy, (2) nominal scientific literacy, (3) functional scientific literacy, (4) conceptual scientific literacy and (5) multi-dimentional scientific literacy. The instrument construction is based on four domains of chemical literacy which include aspects of content, context, HOLS, and affective. This study aims to analyze the quality of chemical literacy instrument on oxidation and reduction reactions material using the Rasch model.
